Jumat, 25 Maret 2016

Kriteria Bibit Jahe Gajah yang Baik


Kriteria Bibit Jahe Gajah yang Baik
Seperti diketahui bersama, menanam jahe gajah tidak boleh asal tanam begitu saja. Bisa bisa yang didapatkan bukan panen yang melimpah, malah sebaliknya, yakni rugi bertubi tubi. Itulah sebabnya, butuh prasyarat yang mesti dikuasai dan dimiliki oleh setiap pembudidaya jahe gajah supaya kelak sukses di waktu panen yang ditunggu tunggu.
Salah satu prasyarat utama untuk mendukung kesuksesan budidaya jahe gajah adalah standar bibit jahe gajah yang baik, unggul, super dan berkualitas. Bibit jahe gajah yang unggul tentu saja memiliki umur yang lebih tua. Setidaknya satu tahun ke atas, sebagaimana dalam budidaya jahe merah. Usia bibit sangat mempengaruhi kesuksesan penanaman jahe gajah.
Bibit jahe gajah yang baik tentu saja bebas hama. Tidak terkena serangan busuk rimpang oleh bakteri atau jamur. Itulah sebabnya, di waktu anda menyemai jahe gajah, sebaiknya hati hati. Pisahkan bibit jahe yang terkena penyakit busuk rimpang dengan yang tidak. Sebab, bila dicampur begitu saja, akibatnya akan menular ke jahe yang lain.
Supaya bebas dari hama, ada baiknya pula anda menggunakan larutan fungisida. Tujuannya supaya jahe gajah tidak diserang virus. Larutan fungisida terbukti mampu mencegah terjadinya jamur yang biasa muncul pada bibit jahe gajah. Serangan jamur biasanya menimpa jahe gajah yang sehabis di panen dan ditumpuk dalam karung goni dan lain lain. Ketika ditumpuk secara berhari hari, tanpa diangin anginkan, berpotensi besar memunculkan penyakit jamur dan mengakibatkan busuk rimpang di jahe gajah.
Kedua bibit jahe gajah yang baik bebas penyakit. Termasuk disini penyakit uret daun. Itulah sebabnya, ada baiknya anda menggunakan obat reagent di tanah sekitar bibit tanaman jahe gajah supaya tumbuh dengan baik.
Permasalahan permasalahan tersebut diatas sebenarnya bisa diatasi bila dimulai dari bibit jahe gajah yang benar benar tua, lingkungan yang bebas penyakit atau jamur, atau uret, dan kesabaran dalam pengelolan tanaman jahe gajah. Terus belajar dan mencari solusi di setiap masalah sehingga anda pun akan sukses dalam budidaya jahe gajah.


budidaya jahe gajah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar